Senin, 09 Maret 2015

FUNGSI DENTIN GIGI

Dentin adalah jaringan kalsifikasi yang terdapat dalam tubuh manusia yang hadir bersama dengan sementum, pulpa dan enamel. Mereka semua membentuk struktur tahan terkuat dan paling lama dalam tubuh kita dikenal sebagai gigi. Dentin adalah lapisan kedua pada gigi di bawah enamel, memiliki taburan enamel terletak di mahkota dan duduk di dalam sementum pada akar. Bagian paling penting dari gigi apapun adalah Dentin dan warnanya berkisar antara putih krem sampai kuning karena itu gigi tampak putih atau kekuningan. Dentin gigi berasal dari mahkota dan melekat pada akar di mana ia ditutupi oleh sementum dan dimahkotai oleh enamel.
Fungsi dentin

Bagaimana struktur Dentin?

Dentin menyerupai struktur tulang dan merupakan saluran yang telah dikemas rapat atau tubulus yang hadir secara zigzag diseluruh kepadatannya. Tubulus akan lebih padat ke arah pulpa gigi daripada di permukaan. Ekstensi sitoplasma muncul dari odontoblasts juga hadir dalam dentin. Odonoblast menciptakan dentin dan karenanya tubuh seluler yang terdapat pada lapisan bagian dalam dentin dan membentuk batas pulpa.

Terdiri dari apakah dentin?

Pulpa yang terdapat dalam dentin atau dentin mengelilingi pulpa. Dentin pada dasarnya terdiri dari mineral hidroksilapatit, beberapa bahan organik serta air. Dentin adalah dukungan utama untuk enamel karena relatif kurang mineral serta kurang rapuh. Tubulus Dentil yang merupakan saluran mikroskopis atau kanal dalam dentin memiliki akar yang ditempatkan keluar dari pulpa dan bergabung dengan bagian eksternal sementum yang yang hadir di pinggiran enamel. Tubulus dentin mengelilingi struktur selular dan cairan. Para peneliti berpendapat bahwa pembentukan dentin (entinogenesis) mendahului pembentukan enamel dan dirangsang oleh odontoblasts yang terdapat di dalam pulpa. Puncak utama dari pertumbuhan dentin adalah terus terbentuk sepanjang hidup dan hanya bisa dihentikan oleh gesekan atau masalah kerusakan gigi.

Apa fungsi dari enamel pada dentin?

Enamel adalah mahkota dentin dan karena itu melayani fungsi melindunginya. Setiap kali enamel akan rusak, dentin akan terbuka sehingga kita menderita bentuk gigi sensitif. Ini gigi sensitif sangat bermasalah yang disebabkan oleh paparan mendadak terhadap perubahan suhu atau permen, asam atau bahan kimia memancarkan rasa sakit yang hebat. Menyikat gigi secara teratur dan hati-hati, dan berkumur adalah satu-satunya cara untuk menangkal infeksi dan hilangnya enamel. Ketika infeksi menembus dentin itu menghasilkan pembusukan yang merupakan pengalaman yang sangat menyakitkan. Hal ini juga kadang-kadang menyebabkan septikemia, infeksi sekunder yang berhubungan dengan sebelumnya.

Apa jenis dentin?

Tahap perkembangan dan penampilan membedakan berbagai jenis dentin dari satu sama lain. Dentin primer adalah bagian utama dari gigi sementara dentin sekunder terbentuk nanti pada saat pembentukan akar selesai. Dentin tersier dibuat untuk merespon terhadap rangsangan biologis.

Apa saja kegunaan dari dentin dari hewan?

Gading gajah adalah jenis dentin yang kuat. Tapi itu tidak memiliki kekerasan enamel dan karenanya biasanya digunakan untuk membuat bola bilyar, tuts piano, diukir benda seni, perhiasan dan berbagai hal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar