Senin, 02 Maret 2015

AKIBAT KURANG SERAT

Serat adalah salah satu unsur zat yang penting dan diperlukan untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan serat, maka kondisi kesehatan pun bisa terganggu. Seseorang terkadang tidak suka makan makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayuran. Biasanya anak-anak sering mengalami hal demikian. Pasalnya anak-anak terkadang susah jika disuruh untuk makan sayuran atau buah-buahan. Anak-anak malah justru senang dengan jajanan-jajanan yang tidak sehat seperti aneka snack yang mengandung bahan pengawet dari kimia. Sehingga orang tua pun harus memaksa anak untuk makanan yang mengandung serat tinggi.
kurang serat copy Kurang Serat: Akibat Kekurangan Serat dalam tubuh

Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun juga ada yang tidak suka makan buah atau sayuran. Terlebih orang dewasa sudah bisa hidup mandiri. Apabila tidak pandai dalam mengatur pola hidup yang sehat, bisa-bisa sembarangan saja dalam mengkonsumsi makanan. Memilih makanan yang enak-enak saja namun lupa memperhatikan kandungan gizi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Gejala dan Akibat Kurang Serat

Apa saja tanda atau gejala ketika anda kurang serat? Ada empat hal secara umum akibat dari tubuh yang kekurangan serat. Diantara adalah:
  • Mengalami sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesusahan ketika buang air besar. Tinja terasa keras sehingga sulit untuk keluar. Sehingga akibatnya, orang yang sembelit akan merasakan tidak nyaman dalam perutnya karena kotoran belum tuntas semua untuk dikeluarkan. Bagi anda yang mengalami sembelit, maka cobalah untuk lebih sering mengkonsumsi buah apel, wortel, brokoli dan juga biji-bijian. Usahakan juga banyak minum air serta olahraga yang teratur.
  • Mengalami kenaikan berat badan. Mengkonsumsi serat akan membuat anda merasa cepat kenyang dengan kualitas yang nyaman serta membantu diet dan tubuh yang sehat. Kekurangan serat bisa memicu berat badan menjadi naik dan kegemukan.
  • Naik turun kadar gula dalam darah. Penyakit seperti diabetes salah satu pemicunya adalah kekurangan serat. Tambahkan menu makanan dengan tinggi serat dalam diet anda. Selain kadar gula, serat juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol anda.
  • Menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan serat yaitu antara lain obesitas, hiperlipidemia, kencing manis, kanker usus besar, hipertensi, wasir, penyakit divertikulosis, aterosklerosis, batu empedu, hernia, sakit gigi dan lain sebagainya.
Akibat kurang serat sebenarnya masih banyak. Yang paling penting dari sekarang adalah anda telah mengetahui beberapa akibat jika anda kekurangan serat. Dengan begitu diharapkan anda yang saat ini tidak suka makan makanan berserat seperti buah dan sayuran, diharapkan bisa makan makanan yang mengandung tinggi serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar