Senin, 16 Februari 2015

JENIS KUCING BESAR TERLANGKA

1. The Golden Tabby Tiger

 Foto the golden tabby tiger oleh unik SegiEmpat

Seperti yang kita ketahui bahwa harimau biasanya berwarna coklat dan hitam, namun keunikan dari harimau ini adalah adanya warna putih dan emas yang menghiasi bulunya. Setelah dilakukan penelitian, ternyata warna emas dan putih ini adalah hasil dari adanya gen resesif pada harimau ini. Karena sangat jarang harimau yang memunculkan warna resesif pada bulunya mengakibatkan harimau yang disebut The Golden Tabby ini menjadi sangat langka di dunia. Kita akan jarang sekali menemukan harimau jenis ini di alam liar, namun ada beberapa kebun binatang atau penangkaran yang memiliki harimau emas dan putih ini. Karena berbeda, harimau ini memiliki tubuh yang sangat rentan sehingga membutuhkan perawatan tersendiri dan juga sangat sulit untuk bisa mengembangbiakkan harimau ini.

2. The Amur Leopard

 Foto the amur leopard oleh unik SegiEmpat

Jika kita melihat jenis harimau ini, ini terlihat seperti umumnya macan tutul yang ada di berbagai kebun binatang. Namun ternyata The Amur Leopard ini adalah jenis yang berbeda dengan macan tutul biasa karena The Amur Leopard ini memiliki lengs yang panjang dan juga memiliki rambut yang lebih banyak sehingga dengan adanya rambut tersebut bisa memungkinkan macan tutul ini dapat hidup di daerah yang dingin. Sekarang hanya ada sedikit jenis macan tutul ini dikarenakan banyaknya perburuan liar terutama adanya perusakan habitat asli The Amur Leopard ini yaitu hutan. Kini hanya diketahui ada sekitar 6 macan tutul betina di alam dari 50 yang tersebar di dunia dan terdapat 200 yang hidup di penangkaran. Namun meskipun macan tutul ini langka, Anda masih bisa melihatnya di kebun binatang yang berada di Amerika Utara dan sebagian negara Eropa.

3. The Maltese Tiger

 Foto the maltese tiger oleh unik SegiEmpat

Satu lagi harimau yang memiliki corak warna bulu yang unik yaitu berwarna biru. The Maltese Tiger ini hanya terdapat di negara China dan merupakan harimau yang keberadaannya sangat kritis dan terancam punah. Diketahui hanya ada beberapa saja yang tersebar di alam atau di penangkaran. Hal ini akibat adanya keunkan warna yang dimiliki sehingga menarik perhatian banyak pemburu selain itu juga mulai hilangnya habitat asli mereka. Kini mungkin saja kita tidak akan bisa melihat harimau dengan bulu kebiruannya ini karena diketahui adanya kematian anak harimau Maltase ini dalam masa pertumbuhan.

4. The Iberian Lynx

 Foto the iberian lynx oleh unik SegiEmpat

Jenis kucing besar yang menempati tempat pertama yang terancam punah adalah The Iberian Lynx ini. Kucing yang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan harimau dan singa ini terbukti terancam punah karena hanya ada sekitar 100 ekor di alam bebas dan sedikit demi sedikit banyak yang mengalami kematian karena adanya penurunan jumlah kelinci yang merupakan makanan favoritnya. Apabila kucing yang satu ini benar-benar punah, akan terjadi kepunahan pertama bagi bangsaa kucing di dunia. Oleh karena itu, kita harus menjaga keberadaan kucing ini untuk menegahnya dari kepunahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar